Minggu, 18 Desember 2011

Cara Baru Memahami Dunia dengan Kimia Medisinal

Kimia Medisinal adalah Ilmu pengetahuan yang merupakan cabang dari ilmu kimia dan biologi, yang digunakan untuk memahami dan menjelaskan mekanisme kerja obat. Sebagai dasar adalah mencoba menetapkan hubungan struktur kimia dan aktivitas biologis obat terhadap tubuh, serta menghubungkan perilaku biodinamik melalui sifat-sifat fisik dan reaktifitas kimia senyawa.
Pengertian ini telah dipublikasikan sejak 1970 oleh Burger. Pengertian lain Kimia Medisinal menurut IUPAC, 1974 adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari penemuan, pengembangan, identifikasi dan interpretasi cara kerja senyawa aktif biologis (obat) pada tingkat molekul dan juga melibatkan studi, identifikasi dan sintesis produk metabolisme obat dan senyawa yang berhubungan.
Kini Kimia Medisinal dapat juga diartikan sebagai Kajian Ilmu tentang desain dan pengembangan senyawa aktif serta optimisasi senyawa aktif menjadi senyawa obat. Nah tentu berikutnya ada pertanyaan kalau begitu apa bedanya senyawa aktif dan senyawa obat? apakah setiap senyawa kimia itu pasti menjadi senyawa obat?
Senyawa aktif adalah senyawa kimiawi yang mampu memicu terjadinya aktifitas biologi di dalam organisme hidup. Aktivitas biologi itu adalah keseluruhan perubahan-perubahan di dalam suatu sistem biologi yang dipicu/disebabkan oleh suatu senyawa aktif.Senyawa obat adalah senyawa aktif yang telah diizinkan pihak berwenang untuk digunakan pada manusia atau khewan dengan tujuan pencegahan, pengenalan, peredaan atau terapi suatu penyakit. Sedangkan Obat adalah bentuk sediaan tertentu dari senyawa obat yang digunakan untuk manusia atau hewan setelah mendapatkan persetujuan pihak berwenang untuk diedarkan. Obat ditandai dengan nomor registrasi yang membedakannya dengan obat palsu atau tidak.
Contohnya bahan-bahan alami seperti tumbuhan, hewan atau mineral dengan bantuan Kimia medisinal dapat menjadi sumber penting penemuan senyawa aktif baru atau optimasinya menjadi senyawa obat yang lebih potensial.Sebagaimana di gambar sebelah, masing-masing tanaman dapat menghasilkan metabolit yang berbeda.

Bahan alami lainnya adalah dari hewan, seperti minyak ikan, lemak hewan, dan lainnya. Mineral juga dapat menjadi bahan berpotensi obat seperti belerang, bentonit, dan lainnya.

Pemanfaatan bahan-bahan ini bervariasi. Setidaknya ada 3 sumber didapatkannya senyawa obat:
(1) Sumber alami
(2) Semi-sintetis
(3) Sintetis
Ruang Lingkup Kimia Medisinal
Luasnya ruang lingkup kajian Kimia Medisinal menjadikannya media baru memahami dunia dengan metode dan validasi yang reliable dan berpotensi menjadi alat bantu mencari solusi baru permasalahan dunia. Ruang lingkup itu antara lain dapat disajikan sebagai :
1. Isolasi & Identifikasi senyawa aktif dalam tanaman yang secara empirik telah digunakan untuk pengobatan
2. Sintesis struktur analog dari bentuk dasar senyawa yng mempunyai aktivitas pengobatan yang potensial
3. Mencari struktur induk baru dengan cara sintesis senyawa organik, dengan atau tanpa berhubungan dengan zat aktif alamiah
4. Menghubungkan struktur kimia dengan cara kerja obat
5. Mengembangkan rancangan obat
6. Mengembangkan hubungan struktur dan aktivitas biologis melalui sifat kimia fisika dengan bantuan statistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar