Minggu, 15 April 2012

Tips Bagaimana Kita Bisa Cepat Memahami Pelajaran Kimia

"Seringkali, yang membuat susah itu sebenarnya hanya di pikiran saja. Banyak hal-hal sederhana yang dibuat rumit duluan, alhasil semua hal tentang kimia sepertinya mengerikan, padahal kimia adalah bahasa kehidupan"

Apakah pelajaran kimia menjadi momok yang mengerikan untukmu? Diluar benar atau tidaknya pernyataan tersebut menurut saya masih banyak murid yang menganggap demikian. Sebenanya belajar kimia itu sangat mudah bila kita mengetahui teknik-teknik yang diperlukan untuk memahaminya. Nah bagi kamu yang ingin lebih mudah memahami pelajaran kimia berikut tip-tips yang mungkin berguna untuk kamu....

Pertama, Jangan mengatakan benci pada “Pelajaran Kimia” Salah satu hal yang mebuat kita tidak suka pelajaran kimia adalah kita sudah menetapkan hati bahwa kita membenci pelajaran tersebut. Bukankah kita lebih mudah memahami sesuatu jika kita lebih menyenanginya? Anggap saja kimia itu sebagai teman baru Anda, yang belum kamu ketahui sifat dan keunikannya, dengan demikian akan tumbuh perasaan bagaimana kita beusaha untuk menemukan sifat-sifat tersebut. Jadi bila Anda mendapatkan pelajaran kimia hindari perasaan atau setidak-tidaknya jangan berguman “benci” didalam hati. Nikmati saja teman baru Anda ini.

Kedua, Mulailah dengan meletakkan dasar-dasarnya Seperti membangun fondasi rumah yang kokoh, mulailah dengan meletakkan dasar-dasar yang kuat. Maka diperlukan racikan dan pilihan bahan yang sesuai.

Ketiga, Pahami dahulu teorinya Ilmu kimia seperti halnya Fisika membutuhkan pemahaman teori untuk menyelesaikan soal-soal kimia. Dengan memahami teorinya maka dengan mudah kamu bisa menerapkannya untuk menyelesaikan soal. Contohnya, bagaimana mungkin kita bisa menjelaskan apa itu atom, jika kita tidak mengerti pengertian atom itu sendiri? Nah rajin membaca buku kimia atau browsing aja di internet agar pemahaman kamu semakin meningkat.

Keempat, Ingat Rumus Kimianya Mungkin ini mimpi buruk bagi kamu. Tapi menurut pengalaman saya menginggat rumus itu penting. Saya tekankan lagi 100% penting sebab rumus itu bagaikan alat untuk dapat menyelesaikan soal kimia. Bagaimana kamu bisa membuat roti jika kamu tidak punya alat pemanggangnya? jadi bagaimana mungkin kamu bisa menyelesaikan soal kimia jika kamu tidak tahu rumus yang akan digunakan?

Kelima, Sering-seringlah latihan Berapa banyak soal kimia yang dapat kamu kerjakan? 10, 50, 100 perminggu? semakin banyak kamu latihan soal maka semakin terlatih dalam menyelesaikan soal. Latihan soal membuat kita selalu ingat akan teori kimia dan berita baiknya adalah kita bisa menghafal rumus dengan sendirinya.

Keenam, Carilah Guru Les Privat Orang mau menjadi pengusaha saja butuh guru, orang yang mau belajar batik saja butuh guru, dan kamu tahu tidak bahwa pemenang Nobel Kimia katanya kebanyakan adalah murid yang dulunya pemenang Nobel Kimia juga. Jadi agar lebih mudah dan paham mempelajari peljaran kimia kamu butuh guru les privat.

Memang, bukan untuk mencari ketergantungan, tetapi Guru les provat ini akan menjadi petunjuk jalan yang tentu saja lebih tahu jalannya dari kamu yang masih samar-samar menapaki jalan "kimia kehidupan" yang sedang dijalani... Ingat juga bahwa, kesalahan pertama adalah pada penataan pemikiran atau cara pandang, orang sering mengatakan "benak" itu lebih menetukan daripada "bedak" Tags: belajar kimia, cara belajar kimia

2 komentar:

  1. Assalam Wr Wb Pak...

    Get great tips on this morning
    the tips are very useful
    had four years of college in the pharmaceutical field
    I am getting better chemical

    :D

    BalasHapus
  2. waalaikum salam Nisa...

    thank's for your attention
    keep on the spirit.

    salam

    Deden

    BalasHapus